Database “Sistem Informasi Akademik”

Definisi database/ basis data

  • Kumpulan file-file yang saling berelasi, relasi tersebut ditunjukkan dengan kunci dari tiap file yang ada untuk digunakan dalam satu lingkup perusahaan, instansi (Kristanto, 1994).
  • Kumpulan file data yang terorganisasi, terintegrasi, dan bisa dipakai bersama (C.J Date, 1981).
  • Kumpulan rekaman data berbagai tipe yang memiliki relasi satu sama lain (Martin, 1977).
  • Sekumpulan data organisasi untuk melayani banyak aplikasi secara efisien dengan memusatkan data dan mengendalikan redundansi data. (Kenneth C. Laudon. Jane P. Louden, 2010).
  • Kumpulan dari data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya tersimpan dalam perangkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk bantuan dalam mengoperasikannya ( ICT Database/Data Resources Management, Dr. Syopiansyah Jaya Putra, M.Sis, 2010)

Database / Basisdata adalah sekumpulan informasi yang diatur dalam cara tertentu hingga sebuah program komputer dapat dengan cepat memilih data yang diinginkan. Basisdata dapat diibaratkan sebagai sistem pengarsipan elektronis. Basisdata tradisional terdiri dari field, record, dan file. Field adalah item tertentu dari informasi; record adalah sekumpulan field; dan file adalah kumpulan record. Sebagai contoh, buku telepon dapat dianalogikan sebuah file yang terdiri dari banyak record dan setiap record terdiri dari tiga field, yaitu nama, alamat, dan nomor telepon. Konsep alternatif rancangan basisdata disebut hypertext. Dalam basisdata hypertext, setiap obyek, apakah itu merupakan teks, gambar atau film, dapat dihubungkan dengan obyek lainnya. Basisdata hypertext sangat berguna untuk mengatur informasi yang sangat besar tetapi tidak digunakan dalam analisis numerik. Untuk mengakses informasi dari basisdata, diperlukan data base management system (DBMS). DBMS adalah kumpulan program yang memungkinkan pengguna memasukan, mengatur, atau memilih data dari basisdata. Struktur Database / Basis Data Definisi Dasar Struktur Database ü  Data : Sekumpulan fakta mengenai objek tertentu, orang dan lain-lain yang dinyatakan dengan angka, huruf, gambar, film, suara dan sebagainya yang relevan dan belum mempunyai arti. ü   Informasi : Hasil pengolahan data yang konkrit dan sudah mempunyai arti untuk mencapai suatu tujuan tertentu. ü  Tabel : Merupakan hal yang paling mendasar dalam hal penyimpanan data yang terdiri dari field dan record. ü  Field (kolom) : Merupakan elemen dari tabel yang berisikan informasi tertentu yang spesifik tentang sub judul tabel pada sebuah item data. Syarat-syarat pembentukan Field Name pada tabel:

  • Harus Unik atau Spesifik
  • Boleh disingkat
  • Pemisah sebagai pengganti spasi dalam pembentuk field adalah tanda lambang “_” Contoh: Kode Barang menjadi KdBarang, KodeBrg, Kd_Brg, Kd_Barang.

Dalam sistem manajemen basisdata, terdapat tiga macam field: v  Harus diisi (required) v  Dapat diabaikan (optional) v  Penghitungan dari field lainnya (calculated). Pengguna tidak dapat memasukan data pada jenis field yang terakhir (calculated). ~ Kumpulan field disebut record ü  Query Query adalah pertanyaan atau permintaan informasi tertentu dari sebuah basisdata yang ditulis dalam format tertentu. Terdapat tiga metode utama untuk membuat query: 1. dengan memilih parameter yang telah disediakan pada menu. Metode ini paling mudah digunakan namun paling tidak fleksibel karena pengguna hanya dapat menggunakan pilihan parameter yang terbatas. 2. Query by example (QBE) adalah metode query yang disediakan sistem dalam bentuk record kosong dan pengguna dapat menentukan field dan nilai tertentu yang akan digunakan dalam query. 3. Bahasa query (query language) adalah bahasa khusus yang digunakan untuk melakukan query pada sebuah basisdata. Metode ini paling rumit tetapi paling fleksibel. ü  Record (baris) : Sekumpulan data yang saling berkaitan tentang sebuah subjek tertentu, misalnya data seorang siswa akan disimpan dalam record yang terdiri dari beberapa kolom / field. Struktur database / basis data adalah cara data di organisasi agar pemrosesan data menjadi lebih efesien. Sistem manajemen basis data (DBMS) adalah suatu aplikasi peranti lunak yang menyimpan struktur basis data-data itu sendiri, hubungan diantara data dalam basis data, dan nama-nama formulir, jenis- jenis data, angka dibelakang desimal, jumlah karakter, nilai-nilai default dan seluruh uraian field lainnya. Struktur Basis Data Hierarkis Dibentuk oleh kelompok – kelompok data, sub kelompok data dan beberapa sub kelompok lagi. Struktur hirarki untuk basis data pada awalnya populer karena ia bekerja dengan baik pada sistem pemprosesan transaksi yang melakukan tugas-tugas seperti pengendalian persediaan, entri pesanan, piutang dan hutang dagang. Struktur Basis Data Jaringan Dikembangkan untuk memungkinkan penarikan record-record tertentu. Ia memungkinkan satu record tertentu menunjukan pada semua record lainnya di dalan basis data. Struktur Basis Data Relasional Organisasi bisnis tidak pernah secara luas menerapkan sistem manajemen basis data yang dibangun berdasarkan struktur jaringan.   ENTITAS merupakan objek di dunia nyata yang memiliki atribut dan dapat dibedakan dengan objek lain. Objek tersebut juga seringkali memiliki hubungan tertentu dengan objek lain. Contoh : mahasiswa, karyawan, barang, dll. Entitas yang terlibat dalam pembuatan database Sistem Informasi Akademik adalah : mahasiswa, data dosen, data kelas, mata kuliah, dan nama dosen.   ATRIBUT Merupakan properti yang membedakan entitas satu dengan entitas yang lain. setiap entity haruslah memiliki satu atribut yang unik (tidak dimiliki entity lain) agar bisa dibedakan. Atribut yang terlibat dalam pembuatan database Sistem Informasi Akademik tersebut adalah :

  • Tabel mahasiswa : Berisikan informasi mahasiswa berupa nama dan NIM

  • Tabel data dosen : berisikan informasi data dosen berupa nama, mata kuliah yang diajarkan, dan SKS yang dimuat

  • Tabel data kelas : berisi informasi data kelas berupa ruang kelas yang dipakai kuliah

ENTITY RELATIONSHIP MODEL Model Entity-Relationship adalah model data konseptual tingkat tinggi untuk perancangan basis data. Model data konseptual adalah himpunan konsep yang mendeskripsikan struktur basis data, transaksi pengambilan dan pembaruan basis data. Model ER adalah data konseptual tak tergantung DBMS dan platform perangkat keras tertentu. Model ER dikemukakan oleh Chen [1976]. Sejak itu, telah memperoleh banyak perhatian dan perluasan. Model ER adalah persepsi terhadap dunia nyata sebagai terdiri objek-objek dasar yang disebut entitas dan keterhubungan (relationship) antar entitas-entitas itu. Konsep paling dasar di model ER adalah entitas, relationship dan atribut. Komponen-komponen utama model ER adalah:

  1. Entitas (entity), Entitas memodelkan objek-objek yang berada diperusahaan/lingkungan.
  2. Relationship. Relationship memodelkan koneksi/hubungan di antara entitas-entitas.
  3. Atribut-atribut (properi-properti), memodelkan properti-properti dari entitas dan relationship.
  4. Konstrain-konstrain (batasan-batasan) integritas, konstrain-konstrain ketentuan validitas

Sumber :

http://learningrplit.blogspot.co.id/2015/09/materi-lengkap-tentang-database.html

http://datanyamana.blogspot.co.id/2012/09/diagram.html

Model Entity-Relationship (ER)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.