Sejarah Internet dan Perkembangan Internet

Sejarah dimulai pada tanggal Agustus 1962 dan penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh seseorang bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal dinamakan “Galactic Network” oleh dirinya. Ia mengemukakan tentang bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja. Pada Oktober 1962 beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat.

Proyek dari ARPANET adalah merancang sebuah bentuk jaringan, kehandalan, dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan, yang akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang kita kenal dengan istilah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Sejarah awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada tahun 1966 Larry Roberts mengembangkan konsep jaringan komputer. Kemudian beliau merencanakan jaringa yang disebut ARPANET yang dipublikasikan pada tahun 1967. Pada tahun 1969 ARPANET telah melibatkan empat buah komputer yang terkoneksi.

Sejarah internet juga dimulai dengan komputer pertama berada di university of California Los Angelos, komputer ke dua berada di Stanford Research Institute, komputer ketiga berada di University of California Barbara dan koputer ke emat berada di University Utah. Pada tahun 1971 jumlah komputer yang terhubung ke ARPANET mencapai 14 buah. Pada tahun ini pulalah protokol Telnet dan FTP berhasil dibangun. Pada tahun 1972 larry Roberts dan Bob Kahn mengenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang diselenggarakan di Washignton.

Sejarah Pada tahun 1972 sejarah perkembangan internet menjelaskan Ray Tomliinson menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Beliaulah yang merancang konversi “user@host.” Pada tahun ini pula ARPANET menggunakan NCP untuk menstransfer data. Pada tahun yang sama ARPA beruah nama menjadi DARPA. Tambahan huruf D berasal dari kata Defense. Pada tahun ini ARPANET melakukan koneksi international yang pertama dengan University College of London dan Royal Establishment di Norwegia.

Sejarah pada tahun 1978 Unix to Copy Protocol ditemukan di Labolatorium Bell. Program ini berguna untuk melakukan file transfer. Pada tahun 1979 news group yang diberi nama USENET beroperasi dengan dasar UUCP. Penciptanya adalah Tom Truscott dan Jim Ellis (kedua mahasiswa di Duke University) dan Steven Bellovin (dari Universitas North Carolina).

Pemakai dari seluruh dunia bergabung ke grup diskusi ini membicarakan masalah jaringan, politik, agama dan berbagai topik lainnya. Sejarah internet, pada tahun 1982 DCA atau Defense Communication Agency dan DARPA membentuk protokol yang disebut TCP/IP untuk ARPANET. Selanjutnya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan TCP/IP sebagai sebuah sntadar. Saat itulah internet didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang terhubung yang menggunakan TCP/IP sebagai protokol.

Sejarah internet pada tahun 1983 ialah John Postel dan Paul Mockapetris dan Craig Partidge mengembangkan Domain Name System (DNS) dan mengusulka sistem pengamatan berbentuk user@host.cdomain. Pada tahun 1984 DNS diperkenalkan di internet dengan menyebutkan nama-nama jenis domain seperti . gov, .mil,.org, .net dan .com.

Pada tahun 1986 TCP/IP mulai tersedia pada workstaiton dan PC. Tahun ini pula National Science Foundation mendanai NSFNET sebagai tulang punggung internet berkapasitas 56 kbps dan mengatur internet hanya ditujukan untuk kepentingan riset dan pemerintah yang bersifat tidak komersial.

Sejarah Internet dan Perkembangan Internet
1957Daftar Kejadian Penting Dalam Sejarah Internet dan Perkembangannya

Uni Sovyet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.

1958

Sebagai buntut dari “kekalahan” Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency(ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.

1962

Sejarah internet di tahun ini adalah seorang J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.

1960

Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.

1965

Istilah “Hypertext” dikeluarkan oleh Ted Nelson.

1968

Jaringan Tymnet dibuat.

1971

Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.

1972

Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai “Bapak Internet”.

1972-1974

Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.

1973

ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.

1974

Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel “A Protocol for Packet Network Interconnection”.

1974

Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari

ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.

1977

Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.

1978

Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol(TCP/IP).

1979

Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis. Sungguh menarik, di tahun ini juga emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.

Awal 1980-an

Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung. Layanan BITNET (Because It’s Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).

CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari berbagai universitas.

1982

Istilah “Internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.

1986

Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS(Domain Name System)yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

2000-an

Internet berkembang begitu pesat, hal ini bisa dibuktikkan dengan munculnya milyaran situs di dunia. Dan bisnis digital pun telah menjadi trend di berkat perkembangan dari internet.

sumber : http://rohmatullahh.blogspot.co.id/2013/10/sejarah-internet-perkembangan-internet.html

 

Internet Broadband adalah istilah generik yang digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet dengan mengunakan teknologi broadband.

Pengertian Broadband dalam arti harfiah, berarti jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Sebelumnya, proses akses internet dial-up sangatlah lambat, kecepatankoneksi dial-up terlalu lamban karena saluran telepon tetap sibuk saat mengakses internet. Faktor-faktor inilah  membuat metode koneksi broadband ini disukai untuk akses internet.

Istilah, broadband mengacu pada koneksi bandwidth  internet. Istilah bandwidth umumnya digunakan untuk merujuk pada kecepatan transfer data, dalam hal jaringan komputer dan koneksi internet.  transfer data biasanya diukur dalam bit per detik (bps). Dalam koneksi internet broadband, kecepatan transfer sangat tinggi dibandingkan dengan koneksi dial-up internet. Ada berbagai jenis koneksi internet broadband, tergantung pada kecepatan, biaya dan ketersediaan. Beberapa jenis koneksi internet broadband :

Koneksi Internet Broadband ADSL Dan SSL

ADSL adalah koneksi broadband yang paling umum digunakan. Hal ini banyak digunakan untuk keperluanrumahan dan komersial. ADSL merupakan saluran digital yang dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa mengganggu saluran telepon. ADSL bekerja pada kecepatan 512 kbps keatas. ADSL memungkinkan kecepatan internet koneksi tinggi  tanpa mengganggu kesibukan saluran telepon. Dalam kasus koneksi ADSL, kecepatan download lebih besar daripada kecepatan upload,  Hal inilah sehingga  diistilahkan dengan ‘asimetris’ karena perbedaan dalam kecepatan download dan upload.

SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line)
SDSL mirip dengan ADSL, hanya berbeda dalam satu aspek, yaitu kecepatan upload. koneksi internet  broadband  SDSL  ditandai dengan kecepatan upload  dan  download identik. Hal ini bermanfaat untuk tujuan komersial dan bisnis jika memerlukan kecepatan upload yang tinggi, dan koneksi SDSL memenuhi persyaratan untuk itu. Biaya SDSL lebih mahal dibanding ADSL, tetapi hal ini bukanlah menjadi beban jika mempertimbangkan keuntungan dari sisi bisnis.

Koneksi Internet Broadband Wireless

Koneksi internet nirkabel adalah kebutuhan sepanjang hari. Saat  ini, laptop, palmtop dan ponsel, semua memiliki koneksi internet nirkabel.  kecepatan  proses download yang disediakan oleh jenis akses  teknologi  ini berkisar 128 kbps sampai 2Mbps. Teknologi ini berkembang karena meningkatnya penggunaan perangkat nirkabel seperti ponsel dan laptop.dan kapsul.

Koneksi Kabel Internet Broadband

Internet dapat diakses melalui sambungan TV kabel. Koneksi kabel internet  broadband dibuat tersedia bersama dengan saluran TV kabel. Kabel koneksi internet  broadband menyediakan kecepatan mulai dari 2 Mbps sampai 8 Mbps. Sambungan secara luas digunakan di daerah perumahan di beberapa kota-kota besar. Hal ini lebih populer dibandingkan dengan koneksi internet ADSL, meskipun kecepatan download dan upload dari kedua jenis koneksi internet ini  adalah sama.

Koneksi Internet Broadband Satelit 

Semua bentuk koneksi  broadband internet yang dijelaskan di atas memiliki keterbatasan jangkauan secara geografis, koneksi internet Satelit broadband adalah solusi untuk masalah ini. Dalam jenis koneksi internet, satelit geostasioner menyediakan akses internet. Hal ini membutuhkan parabola dan diperlukan. perangkat keras pendukung lainnya untuk menerima sinyal.  Kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi internet satelit adalah 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload. Kecepatan ini lebih sedikit dibandingkan dengan jenis lain dari koneksi broadband. Pada koneksi satelit broadband faktor cuaca mempengaruhi sebagian besar.sinyal pada jenis koneksi internet broadband ini.

sumber : http://yusufilham.web.ugm.ac.id/2015/09/12/internet-broadband-pengertian-dan-jenis-jenis-koneksi-internet-broadband/

 

Internet Protocol (IP) address adalah alamat numerik yang ditetapkan untuk sebuah komputer yang berpartisipasi dalam jaringan komputer yang memanfaatkan Internet Protocol untuk komunikasi antara node-nya.

Internet Protocol juga memiliki tugas routing paket data antara jaringan, alamat IP dan menentukan lokasi dari node sumber dan node tujuan dalam topologi dari sistem routing. Untuk tujuan ini, beberapa bit pada alamat IP yang digunakan untuk menunjuk sebuah subnetwork. Jumlah bit ini ditunjukkan dalam notasi CIDR, yang ditambahkan ke alamat IP, misalnya, 208.77.188.166/24.
Jadi, IP Addrees (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

DNS (Domain Name System)
Sebelum dipergunakannya DNS, jaringan komputer menggunakan HOSTS files yang berisi informasi dari nama komputer dan IP address-nya. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat dan di setiap loaksi harus di copy versi terbaru dari HOSTS files, dari sini bisa dibayangkan betapa repotnya jika ada penambahan 1 komputer di jaringan, maka kita harus copy versi terbaru file ini ke setiap lokasi. Dengan makin meluasnya jaringan internet, hal ini makin merepotkan, akhirnya dibuatkan sebuah solusi dimana DNS di desain menggantikan fungsi HOSTS files, dengan kelebihan unlimited database size, dan performace yang baik. DNS adalah sebuah aplikasi services di Internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address. Sebagai contoh, www untuk penggunaan di Internet, lalu diketikan anama domain, misalnya: yahoo.com maka akan di petakan ke sebuah IP mis 202.68.0.134. Jadi DNS dapat dianalogikan pada pemakaian buku telepon, dimana orang yang kita kenal berdasarkan nama untuk menghubunginya kita harus memutar nomor telepon di pesawat telepon. Sama persis, host komputer mengirimkan queries berupa nama komputer dan domain name server ke DNS, lalu oleh DNS dipetakan ke IP address.

Pengertian DNS(Domain Name System)
Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:

Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah.
Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet
maupun di Intranet.

Teori bekerja DNS
Pengelola dari sistem DNS terdiri dari tiga komponen:

DNS resolver, sebuah program klien yang berjalan di komputer pengguna, yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi.
recursive DNS server, yang melakukan pencarian melalui DNS sebagai tanggapan permintaan dari resolver, dan mengembalikan jawaban kepada para resolver tersebut
authoritative DNS server yang memberikan jawaban terhadap permintaan dari recursor, baik dalam bentuk sebuah jawaban, maupun dalam bentuk delegasi (misalkan: mereferensikan ke authoritative DNS server lainnya).

DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.

Struktur DNS
Domain Name Space merupakan sebuah hirarki pengelompokan domain berdasarkan nama, yang terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya:

a) Root Level Domain
Domain ditentukan berdasarkan tingkatan kemampuan yang ada di struktur hirarki yang
disebut dengan level. Level paling atas di hirarki disebut dengan root domain. Root domain di ekspresikan berdasarkan periode dimana lambang untuk root domain adalah (“.”).

b) Top Level Domain (TLD)
Top Level Domain adalah domain pada level teratas di bawah root (.). Ada tiga
pengelompokkan Top Level Domain

1.Domain Generik
Terdiri atas 7 domain yaitu :
a. com
Untuk organisasi komersial. contoh: ibm.com, sun.com.

b. net
Untuk organisasi/perusahaan penyedia layanan jaringan/Internet. contoh: internic.net, nsf.net.

c. gov
Untuk lembaga/organisasi pemerintahan. contoh: whitehouse.gov, nasa.gov.

d. mil
Untuk badan/organisasi militer. contoh: army.mil.

e. org
Untuk organisasi non-komersial. contoh: linux.org.

f. edu
Untuk lembaga pendidikan. contoh: mit.edu, berkeley.edu.

g. int
Untuk organisasi Internasional. contoh: nato.int.
Selain 7 domain di atas ada lagi 7 domain baru dari ICANN (www.icann.org) yaitu:

h. aero
Untuk industri atau perusahaan udara.

i. biz
Untuk perusahaan atau lembaga bisnis.

j. coop
Untuk perusahaan atau lembaga kooperatif

k. info
Untuk penggunaan umum.

l. museum
Untuk museum.

m. name
Untuk registrasi bagi penggunaan individual/personal.

n. pro
Untuk para profesional seperti: akuntan, dan lain-lain.

o. sch

Untuk domain website sekolah

p. ac

Untuk domain website akademi

2. Domain Negara
Merupakan standar pembagian geografis berdasarkan kode negara. Contoh: id untuk
Indonesia, au untuk Australia, uk untuk Inggris, dan lain-lain. Domain negara ini dapat dan
umumnya diturunkan lagi ke level-level di bawahnya yang diatur oleh NIC dari masing-
masing negara, untuk Indonesia yaitu IDNIC. Contoh level bawah dari id yaitu net.id, co.id,
web.id.3. Domain Arpa
Merupakan domain untuk jaringan ARPAnet. Tiap domain yang tergabung ke Internet berhak memiliki name-space .in-addr.arpa sesuai dengan alamat IP-nya.Second-Level Domains

Second-level domains dapat berisi host dan domain lain, yang disebut dengan subdomain. Untuk contoh: Domain Zulfanruri, zulfanruri.com terdapat komputer (host) seperti apel.zulfanruri.com dan subdomain kates.zulfanruri.com. Subdomain kates.bujangan.com juga terdapat komputer (host) seperti apel.training.bujangan.com.

Host Names
Domain name yang digunakan dengan host name akan menciptakan fully qualified domain name (FQDN) untuk setiap komputer. Sebagai contoh, jika terdapat kates.zulfanruri.com, dimana kates adalah host name dan zulfanruri.com adalah domain name.

sumber : http://dhableg.blogspot.co.id/2011/10/pengertian-ip-address-dan-domain-name.html

 

  • DOMAIN

Domain adalah alamat sebuah website yang digunakan untuk mengakses sebuah website dengan cara mengetikkannya di browser yang ada di perangkat Anda yang terkoneksi ke internet. Contoh domain adalah www.kompasiana.com. Contoh domain punya saya adalah www.pangeranaditya.com. Masih sangat banyak lagi contoh domain lainnya yang saya yakin Anda banyak tahu soal ini. Ekstensi belakang domain bukan hanya .com. Ada juga .net, .org, .biz, .info, .asia, .tv, .in, .us, .co.id, .web.id, .co.uk, .xxx dll masih teramat sangat banyak lagi ekstensi domain yang lainnya.

Domain sifatnya sewa minimal satu tahun dengan harga puluhan ribu hingga ratusan ribu Rupiah tergantung dari ekstensi domain yang dipilih. Ada satu hukum alam dalam penyewaan domain yaitu siapa cepat dia dapat. Contoh domain www.kompasiana.com kan sudah dimiliki Kompas, maka Anda tidak bisa menyewanya kecuali kalau suatu saat nanti domain ini tidak diperpanjang masa sewanya. Bagi para pengusaha domain, hal seperti ini adalah potensi bisnis yang bagus untuk mereka karena biasanya mereka mengambil dulu domain-domain yang diperkirakan banyak peminatnya lalu mereka menjual domain tersebut dengan harga yang tinggi.

Ada yang menyewakannya lagi sampai dengan harga jutaan bahkan puluhan juta Rupiah tergantung dari kemungkinan jumlah peminatnya ataupun kemungkinan strata ekonomi peminatnya. Kita bisa menyewa domain dari pihak-pihak yang menyewakannya dan biasanya adalah perusahaan-perusahaan hosting. Biasanya juga mereka mempunyai website promosinya dan di website-nya tersebut tersedia fasilitas untuk mengecek ketersediaan domain yang ingin kita pesan. Cara pemesanan dan pembayarannya pun mudah. Bisa via transfer bank, menggunakan Paypal, kartu kredit dll. Aktifnya pun paling lambat umumnya 1X24 jam setelah pembayaran.

  • HOSTING

Hosting adalah tempat dimana data-data website disimpan, di-online-kan dan diolah oleh pengelola website. Saya ibaratkan hosting ini ibarat satu ruangan di sebuah gedung apartemen atau gedung perkantoran. Hosting menjadi tempat tinggal ataupun kantor kita di dunia online(internet). Yang banyak dipakai orang saat ini rata-rata disebut dengan Shared Hosting. Perusahaan-perusahaan hosting menyediakan paket hosting sekaligus harganya masing-masing yang bervariasi tergantung dari Disk Space (Kapasitas Disk), Monthly Bandwidth (Data Transfer Bulanan) dan fasilitas-fasilitas juga fitur-fitur lainnya.

Umumnya, pembayaran hosting yang pada dasarnya sifatnya pun sewa ada yang bulanan atau tahunan. Gambaran dari saya, Rp100.000,00 per tahun untuk domain dan Rp100.000,00 per bulan untuk hosting sudah cukup bagi kita untuk mempunyai website yang siap menerima kunjungan dari banyak pengunjung. Biasanya hosting yang kita pesan akan diaktifkan paling lambat 1X24 jam oleh perusahaan hosting setelah kita melakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran. Untuk menemukan banyak pilihan perusahaan hosting, Anda bisa mencarinya di Search Engine(Mesin Pencari) Google dengan mengetikkan kata kunci “hosting”.

Domain yang sebelumnya juga telah Anda sewa, NS(Name Server)-nya akan diarahkan ke NS yang digunakan oleh perusahaan hosting. Contohnya adalah ns1.namaperusahaanhosting.com dan ns2.namaperusahaanhosting.com. Biasanya kita mendapatkan client area dari perusahaan hosting yang bisa kita akses untuk melakukan setting(pengaturan) untuk hal ini. Bila Anda tidak paham hal ini, jangan segan untuk menanyakan atau minta bantuan kepada tim pelayanan dari perusahaan hosting tersebut. Ketika hosting Anda telah aktif, maka Anda mendapatkan akses ke cPanel(Control Panel) hosting website dari perusahaan hosting.

  • SERVER

Server adalah tempat dimana terdapat banyak hosting website diletakkan di dalamnya. Server ini ibarat gedung apartemen ataupun gedung perkantoran. Server sebenarnya sama saja dengan komputer desktop yang biasa dipakai di rumah-rumah ataupun kantor-kantor. Bedanya, server digunakan untuk menyimpan dan meng-online-kan data-data banyak hosting website yang ada di dalamnya sehingga server pun diletakkan di data center untuk dihubungkan ke seluruh dunia. Jadi pada saat Anda sedang mengakses suatu website, maka perangkat Anda sedang terkoneksi dengan server dimana website tersebut di-hosting-kan.

Server biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan hosting dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan sumber daya besar karena sangat banyaknya data juga pengunjung website. Seperti Kompas, mempunyai server-server sendiri milik perusahaan yang jumlahnya banyak dan diletakkan di data center. Apalagi perusahaan-perusahaan Search Engine semacam Google, Yahoo dan Bing juga perusahaan-perusahaan Social Networking (Jejaring Sosial) seperti Facebook dan Twitter. Jenis server dari segi kemampuan atau pelayanannya terdiri dari VPS(Virtual Private Server), Dedicated Server dan Coolocation Server.

VPS(Virtual Private Server) saya ibaratkan dengan satu lantai dari keseluruhan gedung apartemen atau perkantoran yang tentunya teramat sangat jauh lebih besar sumber dayanya dibandingkan Shared Hosting. Dedicated Server adalah penyewaan unit server yang saya ibaratkan langsung menyewa satu gedung apartemen atau perkantoran. Coolocation Server adalah penitipan server milik sendiri ke data center. Harga sewanya bervariasi. Untuk VPS(Virtual Private Server) biasanya mulai ratusan ribu hingga jutaan Rupiah bulanan.

Untuk Dedicated Server biasanya jutaan Rupiah. Untuk harga beli server sendiri mulai jutaan hingga puluhan juta Rupiah. Semuanya tergantung dari kualitas server-nya sendiri dengan kemampuan, fasilitas serta fitur-fitur yang tersedia. Kalau seperti Google, Yahoo, Bing, Facebook dan Twitter, mereka masing-masing sudah mempunyai sangat banyak server yang diletakkannya di data centernya masing-masing juga punya sendiri. Kalau kita mempunyai server sendiri lalu kita ingin menggunakan Coolocation Server dengan menitipkannya di data center, umumnya biaya bulanannya jutaan Rupiah per bulan. Bila Anda hanya ingin website untuk blog pribadi, website bisnis kecil hingga menengah, tentu Anda tak memerlukan server karena Shared Hosting saja sudah cukup.

  • DATA CENTER

Data Center adalah tempat dimana banyak server diletakkan dan di-online-kan di dalamnya ke seluruh dunia. Data Center dilengkapi dengan teknologi yang sangat canggih seperti sarana pengaturan hawa udara juga penyaluran listrik karena server-server yang ada di dalamnya harus dipastikan online 24 jam penuh tanpa henti agar website-website yang tergabung di dalamnya mampu diakses kapanpun juga dimanapun oleh para pengunjungnya yang menggunakan perangkatnya masing-masing yang terkoneksi ke internet. Selain itu, keamanannya pun sangat ketat karena tak sembarangan orang bisa masuk untuk mengantisipasi sabotase server. Contoh Data Center yang ada di Jakarta adalah di Gedung Cyber dan Gedung Tifa Kuningan. Ada juga di IDC Duren Tiga.

  • CPANEL

cPanel(Control Panel) adalah panel kontrol hosting sebuah website. cPanel ibarat software yang bisa dipergunakan secara online. Di dalamnya juga terdapat webmail untuk membuat akun e-mail dengan nama domain Anda sendiri misalnya mail@namadomainanda.com. Anda juga bisa meng-upload(mengunggah) ataupun men-download(mengunduh) files atau folders untuk website di cPanel. Di cPanel, Anda juga bisa meng-instalasi(memasang) CMS(Content Management System) untuk mengelola data-data website Anda secara mudah tanpa Anda harus mempunyai kemampuan ataupun pemahaman tentang HTML, PHP dll yang bagi pemula tentu cukup memusingkan. Umumnya, pengguna pemula cPanel kebingungan melihat banyaknya fitur dan merasa kesulitan, namun sesungguhnya tak sesulit yang dibayangkan. Tidak semua fitur yang ada harus digunakan. Hanya beberapa saja yang penting dan sekarang sudah banyak beredar buku-buku yang mengajarkan cara penggunaannya di toko-toko buku seperti Gramedia dll. Di internet pun banyak website ataupun blog yang membahas cara-cara penggunaan cPanel.

  • CMS

(Content Management System) adalah software online untuk memasukkan, mengelola dan mengembangkan data-data online website dengan cara penggunaan yang sangat mudah dimana tujuan dari diciptakannya CMS ini memang adalah untuk memudahkan kita-kita yang belum memahami kode-kode HTML, PHP dll yang bagi pemula tentu sangat rumit. Yang penting sudah bisa main internet walaupun baru sekedar di Google, Yahoo, Bing, Facebook dan Twitter, sudah dasar yang cukup untuk menggunakan CMS. Apalagi bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word, Excel dll termasuk biasa membuat artikel di sini, menjadi lebih mudah. CMS bisa di-install secara otomatis melalui cPanel menggunakan software online Fantastico De Luxe atau Softaculous. Bisa juga dipasang secara manual melalui File Manager di cPanel. Ada dua CMS yang terkenal dan paling banyak digunakan yaitu Joomla juga WordPress. Namun kalau saya pribadi lebih senang menggunakan CMS WordPress yang lebih simpel dan mudah digunakan.

FASILITAS HOSTING WEBSITE 100% GRATIS

Untuk memperpanjang tali persahabatan sekaligus persaudaraan yang sejati antar kita, kepada rekan-rekan yang saya sayangi serta cintai, saya siap membantu memberikan fasilitas hosting gratis dengan kualitas juga kapasitas yang berbayar.

Fasilitas ini saya berikan kepada Anda yang tergolong:

  1. Siswa/Siswi Sekolah.
  2. Mahasiswa/Mahasiswi Universitas.
  3. Guru Sekolah.
  4. Dosen Universitas.
  5. Wartawan/Wartawati.
  6. Aktivis.

Fasilitas hosting 100% gratis ini boleh digunakan untuk blog/website pribadi dengan tujuan apapun selain komersial/bisnis. Untuk mendapatkannya, silakan menghubungi saya melalui fasilitas comment di bawah atau melalui Facebook, Twitter, Blog saya dll yang ada. Hal ini saya adakan untuk sedikit membantu program pencerdasan generasi bangsa melalui penggratiskan fasilitas internet yaitu website tanpa dipungut biaya sedikitpun juga tanpa ada unsur politis sedikitpun.

sumber : http://www.kompasiana.com/pangeranaditya/komponen-website-domain-hosting-server-data-center-c-panel-cms_551a2d03813311dc7e9de107

 

Google merupakan mesin pencari yang terbaik dan paling banyak digunakan. Meski mencari informasi dari Google memang sangat mudah cukup dengan mengetikkan beberapa kata kunci yang ingin dicari, namun memilah hasil pencarian yang relevan dengan kebutuhan tentu bisa menjadi masalah yang memusingkan bagi kita.

Kita harus menggunakan trik-trik khusus supaya google bisa  menampilkan hasil pencarian yang efektif dan efisien, tepat sesuai dengan yang kita harapkan. Dengan cara meletakkan kode-kode tertentu baik berupa tanda baca maupun kalimat-kalimat tertentu untuk mengarahkan hasil pencarian.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mencari secara efektif dan efisien di google:

1. Gunakan kata kunci yang spesifik
Ketika melakukan pencarian melalui Google hindari menggunakan kata-kata yang terlalu umum. Gunakanlah kata kunci yang lebih spesifik karena Google adalah sebuah mesin yang tidak mungkin bisa memahami kebutuhan informasi yang diinginkan oleh masing-masing orang.

Sebagai contoh ketika Anda sedang mencari informasi tentang Sejarah Komputer, maka jangan lupa untuk mengetikkan kata kunci “Sejarah Komputer” di Google. Sebaliknya jika Anda hanya mengetikkan komputer di Google, maka kemungkinan besar hasil yang Anda dapatkan tidak akan sesuai dengan harapan.

2. Gunakan kata kunci yang lebih bervariasi
Jika Anda belum menemukan informasi yang ingin Anda dapatkan meski telah menggunakan kata kunci yang lebih spesiifk, mencoba dengan kata kunci yang lebih bervariasi tentu merupakan langkah yang patut untuk dicoba. Bagaimanapun seluruh informasi di internet pada dasarnya berasal dari manusia yang tentu saja diungkapkan dalam beragam cara dan bahasa.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kata kunci yang lebih bervariasi dalam mencari informasi dari internet. Sebagai contoh ketika Anda mengetikkan kata “LTE concept” dan tidak mendapatkan informasi yang memuaskan, maka mencoba mencari dengan kata kunci “LTE tutorial” tentu bisa Anda lakukan sebagai sebuah alternatif.

3.  Gunakan kalimat tanya
Selain mencari informasi dengan menggunakan kata kunci, mencari tahu dengan menggunakan kalimat tanya juga dapat Anda pakai sebagai alternatif. Sebagai contoh ketika Anda ingin menemukan informasi soal DLNA, Anda dapat menggunakan kalimat tanya “apa itu DLNA?”.Hasilnya dengan memakai kalimat tanya seperti iniselain lebih relevan, pertanyaan anda juga dapat langsung terjawab bukan?

4. Gunakan “tanda kutip”
Bila suatu saat Anda menggunakan Google untuk mencari informasi tentang ponsel dengan fitur DLNA dengan mengetikkan “DLNA enabled phone” hasil yang Anda dapatkan belum tentu berkaitan dengan merek dan model ponsel yang telah mendukung konektivitas DLNA.

Nah agar hasil pencarian yang Anda inginkan lebih relevan, gunakan saja salah satu trik google yaitu tanda kutip menjadi “DLNA Enabled Phone”. Dengan cara seperti ini, Google akan menghapus hasil pencarian yang tidak berkaitan dengan topik yang dicari.

5. Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)

  • Tanda (+)
    untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. misalkan “kematian tokoh manga” (ingat pakai tanda kutip) lalu khusus untuk tokoh naruto saja . Maka cukup anda tulis di “kematian tokoh manga” +naruto. Hasilnya selain mencari keyword “kematian tokoh manga” google juga akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword “naruto”.
  • Tanda (-)
    Tentu saja digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Lalu apa gunanya? kenapa kita harus mengurangi hasil pencarian.Ini dikarenakan google mengindex semua halaman yang dianggapnya penting. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, bookmarking dsb.

Coba anda bayangkan kita akan mencari soal psikotes. tapi yang muncul hanya iklan dari orang yang menjual soal psikotes. Maka dari itu dan oleh karena itu kita gunakan tanda – untuk menghilangkan iklan. Menjadi “soal psikotes” -iklan.

Bisa juga anda menggunakan google supaya tidak mencari di situs tertentu. Terutama situs iklan baris atau situs bookmarking semacam digg.com atau lintasberita.com. contohnya “soal psikotes” – site:lintasberita.com

6. Informasi di internet itu bukan hanya website (file html)
Informasi di internet bukan hanya website ada beragam file semacam pdf, doc(ms word) bahkan flv (file video seperti di youtube). Caranya tinggal tambahkan kode filetype:”tipe “.

Misalnya ingin mencari soal psikotes dalam bentuk file pdf, Ya tinggal ketikkan saja “soal psikotes” filetype:pdf. Untuk melihat apa saja kode file yang didukung google bisa dilihat di google advanced

FITUR PENCARIAN DASAR GOOGLE

  • AND : Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang kita cari. contoh sistem informasi maka masukan sistem and informasi atau sistem+informasi
  • OR : Mencari infornasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. contoh saus or sambal atau saus | sambal
  • FRASE : Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda ” “. contoh “perangkat lunak”
  • NOT : Hasil pencarian yang mengandung kata yang di depan, tapi tidak dibelakang (-).contoh, kucing -persia kata tersebut akan menampilkan hasil pencarian kata kucing tapi tidak untuk persia
  • SINONIM (~) : Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. contoh, ~negara akan membawa hasil pencarian negara dan sinonim-sinonimnya.
  • ASTERIK (*) : Karakter pengganti kata. dari contoh, hasil yang didapat bisa: ayam bakar pedas, ayam goreng dan lainnya ayam*pedas
  • TANDA TIKIK(.) : Karakter pangganti kata. Dari contoh ko.i dari contoh bisa didapatkan koki, kopi dan lainnya.
  • CASE INSENTITIVE : Pencarian digoogle menangkap kapital dan bukan kapital sebagai sesuatu yang sama. Jadi Bloger, bLoger, BloGER semuanya akan membawa pancarian yang sama
  • PENGABAIAN KATA : Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut : a, about, an, and, are, as, dan lainnya. tapi misalnya kita inginkan juga bisa dengan
  • menggunakan karakter + di depan kata yang di cari (Misal : “SWars Episode + I”)
  • I’M FEELING LUCY : Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama query kita.
  • FITUR PENCARIAN LANJUT: Fitur untuk mencari dengan kriteria-kriteria tertentu, misalnya negara, bahasa, type file, update terakhir, dll
  • DEFINE : Mencari definisi dari sebuah terminologi. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat adalah berbagai definisi tentang cyberlaw dari berbagai sumber. define:cyberlaw
  • CHACE : Menampilakn situs web yang telah diindeks oleh google meskipun sudah tidak aktif lagi. cache:oldsite.co.cc
  • LINK : Menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs. Contoh link:transiskom.com
  • RELATED : Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situs. Contoh related:transiskom.com
  • INFO : Menampilkan informasi yang google ketahui tentang sebuah situs.
  • contoh info:transiskom.com
  • FILETYPE : Menampilkan jenis pencarian yang berupa extensi file tertentu. sedangkan jenis filenya adalah : doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt dan lainnya. Contoh : belajar php filetype:pdf
  • ALLINTITLE : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh allintitle:jaringan komputer
  • INTITLE : Menampilkan satu kata yang dicari di dalam TITLE halaman. Contoh intitle:jaringan komputer
  • SITE : Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang ditunjuk. Contoh: jaringan komputer:transiskom
  • INURL : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam URL. Menghasilkan daftar URL yang mengandung kata pancoran. Contoh inurl:pancoran
  • ALLINURL : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam URL. Contoh dibawah akan menghasilkan daftar  URL yang mengandung kata pancoran. allinurl:pancoran

sumber : http://www.transiskom.com/2015/07/tips-trik-pencarian-di-google-yang.html

 

 

Keuntungan dari penggunaan situs jejaring sosial:

  1. Mudah untuk bertukar informasi.

Sebagian dari kamu yang mempunyai akun jejaring sosial pasti pernah merasakan manfaat ini. Misal jika kamu anggota dari suatu komunitas penggemar artis idola, pasti sering kali mendapatkan posting-an tentang data diri, hobi, makanan kesukaan, perjalanan karir dan informasi apapun  tentang artis idola mu. Dalam hal ini situs jejaring sosial memfasilitasi kamu untuk mendapatkan informasi walaupun tidak dapat bertemu langsung dengan artis yang kamu sukai. Yang pastinya harus kamu ingat, jika tidak hanya kamu saja yang bergabung dalam komunitas itu, mungkin saja teman-teman lain  yang berbeda daerah  maupun berbeda bangsa yang memiliki minat yang sama seperti mu. Nah, kamu dan mereka dapat saling bertukar informasi  deh tanpa harus bertatapan langsung. Mudah dan tanpa waktu lama kan?

  1. Mengubah atau memodifikasi informasi yang di posting

Pengguna  situs jejaring  sosial dapat mengubah profil sesuka hati. Pernah kah kamu mengubah profil  di akun jejaring sosial? Seperti  mengganti nama asli menjadi nama samaran, mengganti tanggal kelahiran  atau mengganti-ganti foto profil. Sekali klik profil kamu langsung berubah sesuai keinginan. Dalam menggunakan situs jejaring sosial kamu tidak perlu takut untuk mengubah-ubah profil karena tidak ada batasannya. Jika besok kamu ingin mengganti nama profil menjadi “cayank dia cellalu” silahkan saja hehe.. Namun harus diperhatikan juga dalam membuat profil sebaiknya ikuti aturan dalam penggunaan media jejaring sosial  ya…!

Kerugian penggunaan situs jejaring sosial:

  1. akses yang mudah

Siapapun (termasuk mereka yang mungkin berniat untuk menyakiti kamu) dapat menemukan informasi pribadi mu melalui situs media sosial. Jadi pikirkan dahulu sebelum kamu memposting. Pahami hal apa saja yang pantas di-share dan yang tidak

  1. alat untuk menunda-nunda tugas atau dapat membuang-buang waktu

Berselancar di situs jejaring  sosial memang menyenangkan, namun juga  dapat menyita waktu yang bisa digunakan untuk tugas-tugas seperti belajar atau bekerja malah untuk bersenang-senang hingga lupa waktu. Tidak mau kan kalau nilai rapor jadi jelek gara-gara keasyikan bermain di dunia maya,

  1. Komunikasi elektronik tidak seefektif komunikasi tatap muka

Komunikasi melalui elektronik tidak selalu memiliki arti yang sama seperti percakapan tatap muka, karena kamu tidak dapat melihat ekspresi wajah atau intonasi suara untuk mendukung apa yang dikatakan. Penyampaian pesanpun tak jarang disalahartikan.

sumber : https://smarteenblog.wordpress.com/2013/05/12/keuntungan-dan-kerugian-situs-jejaring-sosial/

Leave a Reply

Your email address will not be published.